Networking

Wellcome to Uchi Blog's

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Senin, 04 September 2017

Konfigurasi Routing Statik Pada Mikrotik


Assalamualaikum Wr.Wb
A. Judul/ nama kegiatan: Konfigurasi routing statik pada mikrotik

B. Pendahuluan 
Pengertian
Routing statik (Perutean statis) adalah bentuk perutean yang terjadi saat router menggunakan entri perutean yang dikonfigurasi secara manual, bukan informasi dari lalu lintas perutean dinamis. 

Latar belakang 
Belajar konfigurasi routing statik di mikrotik router board

Maksud dan tujuan
Membuat routing statik

Hasil yang diharapkan
Dapat mengkonfigurasi routing statik dengan benar

C. Alat dan bahan
1 Router sebagai master
1 Router sebagai client
Kabel UTP
Switch/Hub

D. Jangka waktu pelaksanaan
15 Menit

E. Proses tahapan pengerjaan
1. Buat koneksi baru. Klik gambar kabel>> Network Connections>> Add>> Create.

2. Pilih sub menu Ethernet
   Isi Connection namenya: (bebas), ini gunanya untuk menandai saja
   Device:Klik gambar panah yg sudah di beri kotak merah

3. Pilih sub menu IPv4 setting>> Add
   Beri ip address(sesuai ip default router), netmask dan gateway
   Methot: manual
   Address: 192.168.88.1
   Netmask: 24
   Gateway: 192.168.88.2
    >>Save

4. Masuk ke winbox lalu beri identitas router mikrotik anda. 
   System>> Identity>> (isikan bebas)>>apply>> ok

5. Masuk ke menu interface>> klik ethernet yang akan dinamai>> Kik memo (persegi warna kuning)
    Ether1 : LAN
    Ether2 : NOC
6. Berikan IP address pada ethernet 1 dan ethernet 2
   IP>> address>> Add (+)>> (isikan bebas asalkan 1 subnet dan berbeda trafik)>> apply>> ok

7. Berikan DNS. Contoh: IP>> DNS>> 
   Servers: 202.134.0.10
               : 202.134.1.155
   Beri centang pada “allow remote requests”>> apply>> ok

8. IP>> routes>> add(+)
   Dst address: 0.0.0.0/0
   Gateway: 10.3.1.1 (gateway router master)
   Apply>> ok


9. Selanjutnya adalah NAT. Ip>> firewall>> sub menu NAT>> add (+)

10. Pilih sub menu general, isi
   Chains: srcnat
   Src. Address: 0.0.0.0/0 (agar terhubung ke semua ip)
   Out interface: ether1

11. Pilih sub menu Action
   Action: masquerade
   Apply>> ok

12. Buat koneksi jaringan baru. Klik connection (gambar kabel)>> Network Connection>>  add> create
   Pilih sub menu ethernet>> isikan Device (klik segitiga yang di beri kotak warna merah)



13. Beralih ke sub menu IPv4 setting 
   Methot: Manual
   Address: 10.3.5.2
   Netmask:29
   Gateway: 10.3.5.2
   DNS Server: 202.134.0.10
   >>Save

14. Lakukan pengjian, apakah sudah terkoneksi keinternet dengan cara ping google.com ping 8.8.8.8 Jika muncul  icmp, ttl, time itu artinya sudah connect

F. Hasil yang didapatkan
Dapat mengkonfigurasi routing statik

G. Temuan permasalahan
Saya memasukkan ip tidak 1 subnet, yang satu ip kelas A satunya ip kelas C mengatasinya saya samakan ke dalam 1 subnet. Dan permasalahan ke 2, saat melakukan ping muncul tulisan yang artinya tidak diketahui tujuan (destination) penanganan nya pada tutorial no 12 saya masukkan ip DNS Server. 

H. Kesimpulan yang didapatkan
perutean terjadi saat router menggunakan entri perutean yang dikonfigurasi secara manual, bukan informasi dari lalu lintas perutean dinamis. 

I. Referensi
   Ebook mikrotik MTCNA



Sabtu, 02 September 2017

Mengenal Menu dan Sub Menu di Winbox


Assalamualaikum Wr.Wb
A. Judul/ nama kegiatan: Mengenal memu dan su menu di winbox

B. Pendahuluan
Pengertian
Menu adalah pilihan untuk menentukan pilihan

Latar belakang
Menambah pengetahuan tentang menu dan submenu pada winbox

Maksud dan tujuan
Mempelajari menu dan sub menu pada winbox

Hasil yang diharapkan
mengerti fungsi-fungsi dari menu winbox

C. Alat dan bahan
Laptop
koneksi internet

D.  Jangka waktu pelaksanaan pekerjaan
08.00 sampai selesai

E. Proses tahapan pengerjaan
    Menu pada mikrotik


1. Interfaces => Menu interface merupakan gerbang trafik keluar atau masuk ke mikrotik. Secara default mikrotik hanya mengenali interface yang secar fisik memang ada. Kita dapat merubah nama interface tersebut dengan tujuan untuk memudahkan dalam mengindetifikasi fungsi.

2. Bridge => Menu Bridge merupakan menu untuk menghubungkan dua segmen network terpisah bersama-sama dalam suatu protokol sendiri.

3. PPP => PPP (Point to Point Protocol), merupakan paket yang memuat protokol PPP. Paket ini diperlukan untuk fitur komunikasi serial deng
an menggunakan PPP, ISDN PPP, L2TP, dan PPTP serta komunikasi PPP on Ethernet(PPPoE). Paket PPP digunakan untuk komunikasi Wide Area Network dengan menggunakan komunikasi serial.

4. Switch => Menu Switch ini merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

5. Mesh => Menu Mesh ini digunakan untuk melakukan implementasi topologi Mesh.

6.  IP => Menu IP digunakan untuk pengaturan IP yang terdiri dari ARP, Accounting, Adresses, DHCP Client, DHCP Relay, DHCP Server, DNS, Server, Firewall, Hotspot, IPsec, Neighbors,

Fungsi Sub Menu Pada Menu IP ;*ARP List : Fungsinya untuk melihat semua ARP yg terkonesik dan informasi yang dimunculkan yaitu IP, Mac Address dan Interface yang terkoneksi.

*Accounting : Untuk ini saya tidak pernah menggunakan fungsinya jadi belum bisa saya informasikan dengan baik namun dari namanya mungkin teman2 sudah pada bisa membayangkan fungsi dan kegunaannya.

*Address : Nah pada bagian ini adalah yang paling penting dari suatu jaringan yaitu IP Address. Pada menu ini kita bisa menambah/menghapus/mengedit sebuah atau lebih IP Address sesuai kebutuhan kita.

*DHCP Client : Dimenu ini berfungsi untuk mengaktifkan DHCP client pada perangkat dengan OS Mikrotik.

*DHCP Relay : Di menu ini berfungsi untuk mengaktifkan DHCP relay.

*DHCP Server : Pada menu ini berfungsi untuk membuat atau mengaktifkan DHCP Server dan selain untuk mengaktifkan DHCP Server pada menu ini kita juga bisa melihat IP-IP yang telah didapatkan oleh client secara otimatis beserta network yang ada.

Sekilas Perihal DHCP yaitu singkatan dari Dynamic Host Configuration Protocol  yang mana fungsinya yaitu untuk memberikan IP dan DNS secara oto


F. Hasil yang didapatkan
Mengerti fungsi dari menu dan sub menu pada winbox

G. Temuan permasalahan
Belum ada

H.Kesimpulan yang didapatkan
Pentingnya menu dan sub menu pada mikrotik

I. Referensi
Teman

Kamis, 31 Agustus 2017

Perencanaan Pembangunan Jaringan Sekolah


Assalamuallaikum Wr.Wb
A. judul / nama kegiatan : Sharing Perencanaan Pembangunan Jaringan sekolah

B. Pendahuluan
    Perngertian
Dalam manajemen perencanaan adalah sebuah patokan untuk mempermudah manager agar tercapainya sebuah tujuan, membuatstrategi untuk mencapai tujuan itu dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi.

    Hasil yg di harapkan
Siswa tahu setiap langkah-langkah pembangunan jaringan dari awal 

C. Alat dan bahan
  1. Laptop
  2. Aplikasi vym
D. Jangka waktu pelaksanaan kegiatan
08:00-16:00

E. Proses tahapan pekerjaan


A). Latar belakang

1. Fungsi dibangunnya jaringan di sekolah itu apa?
a. Untuk mempercepat pembagian data
b. Pengiriman file file akan lebih efisien dan cepat tanpa arus menggunakan flasdisk
c. Memastikan data data yang baru atau terkini misal adalah kita dapat membuka Dapodik
d. Dalam pengiriman data dapat dilakukan  dengan jumlah yang besar
e. Jaringan dapat juga sebagai media penghubung antara sekolah satu dengan yang lainnya

2.  Maksud
a. untuk mempermudah proses belajar
b. untuk membangun kinerja dari guru dalam mengajar
c. untuk membantu proses pengiriman data baik untuk siswa maupun guru

3. Tujuan
    - Dalam pengiriman data itu tidak ada kesalahan dalam pengiriman data
    - Penerimaan data akan sesuai data yang dikirim 

    - Dapat digunakan untuk pembuatan tugas untuk siswa
    - Dengan jaringan dapat mencari referensi referensi baru

B). Langkah awal pekerjaan
 1.Mendengarkan permasalahan
    Maksudnya disini adalah ketika kita mempunyai pelanggan dan pasti dari sekian pelanggan akan memiliki masalah atau keluhan tentang jaringan. Semisal ada pelanggan memberitahukan keluhannya seperti :
- internetnya mati
- wifi nya putus nyambung
- wifinya lelet
Dan pasti banyak lagi keluhan keluhan yang pelanggan sampaikan kepada kita.
  Lah maksud dari keluhan itu adalah kita menjawab itu sesuai dengan pertanyaanya. Dan jangan sampai ketika kita menjawab itu terlalu berlebihan itu akan membuat pelanggan tidak percaya lagi kepada kita.
Kesimpulan disini adalah kita harus mendengarkan pelanggan dulu apa keluhannya dan baru kita bertindak jika pelanggan berkenan.
2. Obsevasi lapangan
    Observasi lapangan itu sendiri adalah menganalisis sebuah lapangan(tempat) yang akan di pasang jaringan. Observai ini sangat dibtuhkan karena semua tempat yang akan di pasang jaringan tidak sama.
    ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam observasi lapangan :
     1. Keadaan bangunan
     2. Bahan bangunan
     3. Lokasi jaringan
     4. Koordinasi kepada pemilik/ pemesan
3. Mencari referensi dan perbandingan pekerjaan
    Dalam tahap ini kita mencari perbandingan harga ataupu pemasangan kepada orang yang sudah pernah memasang jaringan.
4. Membuat perencanaan awal
    Pada tahap ini kita membuat rencana hal hal apa saja yang di butuhkan harus di buat pada tahapan ini.
     ada beberapa hal yang ada pada tahap ini : 
  1. Pembuatan denah lokasi
       Dalam pembuatan denah ini ada beberapa halyang harus dilakukan :
  a). Skala
      Skala adalah perhitungan perbandingan dari ruangan atau lapangan yang akan di buat jaringan.
  b). Block block gedung
  c). Menentukan arah mata angin

 2. Perencanaan Topologi
      Penggambaran topologi yang akan di buat pada lapangan/ gedung.

 3. Inventarisasi perlengkapan kerja
       Pada hal ini adalah mendata perlengkapan perlengkapan kerja yang akan dibawa/ yang akan di gunakan. kenapa harus di data ??
karena ketika nanti kita bekerja itu tau apa saja yang di bawa dan setelah selesai barang dapat di periksa kembali dengan data yang sudah di buat.
      Hal hal yang harus di prhatikan setelah pendataan adalah :
  a). Pengecekan sebelum di gunakan
  b). Pengecekan setelah digunakan

  4.  Kebutuhan alat dan bahan    
a. Alat yaitu Barang yang digunakan tetapi itu tidak habis atau butuh perawatan
b. Bahan yaitu jika digunakan akan habis dan hanya satu kali pakai.

  5. Perencanaan estimasi Sumber Daya Manusia (SDM)
   a). Prediksi atau perkiraan kebutuhan sumber daya manusia yang akan membantu kita dalam pembuatan jaringan.
ada beberapa hal hal yang ada di konsep ini :
     - Memilih orang yang ahli dalam bidangnya
     - Menyiapkan orang yang akan bekerja

   6. Pembuatan dan waktu pelaksanaan
     Membuat waktu pelaksanaan yang akan berjalan saat kita akan bekerja danjuga kita harus mempunyai target dari waktu yang telah kita buat atau tetapkan.
       Hal yang harus ada pada konsep ini adalah
         -  Membuat urutan kerja yang akan kita lakukan
         -  Menentukan waktu pelaksanaan
         -  Melakukan pembuatan target

dan usahakan dalam membuat target itu cepat tetapi tepat. kenapa harus cepat dan efisien ??? karena jika kita bekerja dengan memanfaatkan waktu maka kita akan cepat selesai dan juga ketita harus ulet dalam bekerja. Maksudnya ulet ini adalah kita harus hati hati dalam membangun jaringan. Dan dengan cepat tepat itu maka pelanggan aka senang dan pasti kita akan banyak pelanggan karena cepat dan tepat.

   7. Membuat perencanaan anggaran
     Ketika kita akan membangun jaringan maka kita harus mempunyai barang, dan jika ingin mempunyai maka kita beli, lah dengan adanya rencana anggaran ini kita dapat membeli barang yang akan digunakan ketika membangun jaringan. Jadi rencanakan anggaran se detal mungkin agar ketika kita akan membuat jaringan barang yang di butuhkan tidak kurang.

      Dan lebih baik membeli suatu barang untuk kebutuhan dalam membangun jaringan itu yang lebih jangan yang pas/ngepress.

Hal-hal yang harus di perhatikan dalam konsep ini adalah
1. Pendataa harga barang
2. Jumlah harga barang seluruh harga yang di butuhkan.

5. Sinkronisasi dan finalisasi perencanaan awal
   apa itu sinkronisasi ?
Sinkronisasi : Proses menyamakan data antar perangkat. Sering dilakukan proses sinkronisasi untuk menyamakan waktu dan data.

   apaitu finalisasi ?
Sebuah hasil yang sudah terpikirkan atau yang telah ada pada tahapan tahapan lalu di kumpulkan menjadi satu  dan menjadi satu kesatuan.

Ada beberapahal yaitu
1. Rapat koordinasi dari perencanaan awal = berbentuk pemaparan hal hal yang sudah di konsepkan pada rencana awal.

2. Finalisai perencanaan = berbentuk persetujuan tentang hasil diskusi yang telah dilakukan.

C. Tahapan pelaksanaan kerja

     Tahapan pelaksanaan kerja dalah tahapan yang terakhir dan tahapan pelaksanaan atas rencana yang sudah di konsepkan pada awal. Pada tahapan ini adalah penggerakan dari selurh konsep yang di buat.
ada beberapa hal yaitu :

  1. melaksanaan sesuai dengan kesepakatan
   Jangan sampai egois ketika salah satu isi masing masing konsep itu di ganti maka ikuti sesuai kesepakatan jangan sampai terlalu mementingkan aturan sendiri.

  2. Pengadaan alat dan bahan
     Setelah semua di buat pendataan maka pada konsep ini adalah pengadaan suatu barang yang di data.

  3. Penyediaan SDM sesuai keahlian atau kemampuan
     Pada hal ini kita mencari orang untuk membantu kita dalam membangun jaringan karena ketika kita berjalan sendiri maka sulit untuk berhasil. Dan penyediaan makanan atau pembayaran untuk membayar tenaga yang di lakukan.

   4. Monitoring evaluasi
      Melakukan evaluasi atas pelaksanaan dalam membangun jaringan apa saja yang terjadi kesulitan atau masalah selelesaikan di evaluasi ini.

ada beberapa hal yaitu:

  a). Breaving adalah mengumpulkan semua orang yang bersangkutan dan membahas apa saja yang akan di lakkan terlebih dahulu. Pada hal ini komitmen sangat di butuhkan.

   b). Finishing yaitu hasil yang telah direncanakan dan dengan komitmen tadi dalam hal ini akan menghasilkan hasil yang baik.

F. Hasil yang didapat
Siswa faham tentang latar belakang, langkah kerja, dan pelaksanaan pekerjaan pada pembuatan jaringan sekolah

F. Kesimpulan yg di dapat
Dengan mengetahui maksud perencanaan tersebut siswa jadi lebih mudah dalam pembangunan jaringan 

G. Referensi

  • Pemaparan oleh Mbah Suro Dhemit (Selaku pembimbing)
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Perencanaan
Sekian dari saya kurang lebihnya saya minta maaf
Wassalamualaikum Wr.Wb

Rabu, 30 Agustus 2017

Bandwidh Management


Assalamualaikum Wr.Wb
A. Judul / nama kegiatan: Bandwidh management

B. Pendahuluan
 Perngertian
Bandwidth adalah rentang frekuensi yang dibutuhkan untuk melewati sinyal tertentu yang telah dimodulasi untuk membawa data tanpa distorsi atau kehilangan data. Bandwidth ideal memungkinkan sinyal melewati kondisi penyesuaian AM atau FM maksimal. Istilah bandwidth digunakan secara metaforis untuk kemampuan pembawa Internet.

 Latar belakang
Mengatur kebutuhan bandwidh

 Maksud dan tujuan
Mempelajari bandwidh manager

Hasil yg di harapkan
Mengerti tentang mekanisme bandwidh management

C. Alat dan bahan
Laptop
Koneksi internet bila perlu

D. Jangka waktu pelaksanaan kegiatan
08.00 sampai selesai

E. Proses tahapan pekerjaan


      Gambar diatas adalah gambar bandwith yang tidak teratur kita lihat, betapa banyaknya bandwith yang diakses oleh user, apabila tidak diatur maka bandwith yang besar hanya akan ditangkap user yang perangkatnya bagus dan yang lain tidak akan kebagian bandwith nya.


     Semakin maju kehidupan manusia seakan-akan kebutuhan internet semakin menjelma menjadi kebutuhan pokok. Fasilitas online pun semakin menjamur dimasyarakat, banyak orang ingin diperhatikan di dunia maya. Fasilitas untuk memajang foto diri hingga live streaming aktivitas keseharian menjadi trend. Begitu juga untuk akses informasi, dari media tulisan, media foto sampai dengan media yang sedang digemari saat ini yaitu media video. Seolah-olah seberapapun besar bandwidth yang dimiliki seperti tidak bisa membuat kita puas.

      Apabila bandwidth yang Anda miliki tidak diatur bisa jadi antar pengguna saling berebut dan kadang ada yang sampai tidak kebagian jatah bandwidth. Jika itu terjadi di Kantor pada jam operasional, pekerjaan yang sifatnya membutuhkan koneksi internet akan terganggu dan akan memberikan efek yang buruk untuk kinerja karyawan. Atau contoh lain jika itu terjadi di sebuah warnet, wifi area atau RT/RW net Anda, pasti akan timbul banyak komplain dari beberapa pelanggan yang sedang menikmati layanan internet Anda. 

     Perlu adanya management penggunaan bandwidth di tempat Anda supaya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan seperti yang sudah disebutkan diatas. Solusinya bisa menggunakan router Mikrotik yang sudah sangat populer untuk melakukan tugas sebagai pengatur bandwidth. Banyak Fungsi yang bisa digunakan di Mikrotik Seperti HTB, Queue type, Burst, dll. 

     Management Bandwidth merupakan implementasi dari proses mengantrikan data, sehingga fungsi management bandwidth di Mikrotik disebut dengan istilah Queue. Ada dua metode Queue pada Mikrotik yaitu Simple Queue dan Queue Tree. Kedua metode tersebut memanfaatkan Memory/RAM di router sebagai buffer penampungan antrian paket data. Jika antrian paket data sudah memenuhi penampungan maka paket data yang tidak tertampung akan di Drop. Jika protocolnya TCP, paket yang di drop akan dikirim ulang oleh server.

Perlu adanya pengaturan pada konsumsi bandwidth yang ada
• Mikrotik sudah sangat populer untuk melakukan tugas ini
• Sudah lebih dari satu dekade fitur ini digunakan dan tetap dikembangkan sampai saat ini
• Banyak fungsi yang bisa digunakan :
– HTB
– Queue type
– Burst





Fungsi bandwidth management di Mikrotik sudah include di system RouterOS dengan dua metode :
– Simple Queue : Implementasi termudah melakukan bandwith management, dengan menu dan konfigurasi yang sederhana.
– Queue Tree : Implementasi bandwidth management yang lebih kompleks dan lebih fleksible untuk kondisi tertentu.
• Disarankan untuk memilih salah satu metode supaya proses BM tidak tumpang tindih.
Mekanisme Antrian
• Terdapat perbedaan lokasi antrian yang digunakan simple queue maupun queue tree.
• Keduanya sama-sama memanfaatkan Memory RAM di router sebagai buffer penampungan antrian paket data.
• Buffer antrian memiliki batas, jika antrian paket data sudah memenuhi buffer maka paket data yang tidak tertampung akan di Drop.
• Jika protocol nya TCP, paket yang di drop bisa dikirim ulang.

Queue Tree merupakan salah satu metode menjalankan Bandwith Management dengan fleksibilitas yang cukup tinggi.
• Seiring dengan fleksibilitasnya, metode ini diarasa terlalu kompleks.
• Untuk menjalankan Queue Tree, sebelumnya kita harus membuat Firewall Mangle.
• QueueTree tidak dapat berjalan tanpa mangle.


Firewall Mangle
• Adalah fungsi dari firewall yang digunakan untuk
melakukan marking (penandaan) packet data
dari sebuah traffic.

• Marking yang sudah dibuat bisa dimanfaatkan
ke fitur Mikrotik yang lain :
   ~Firewall NAT
   ~Firewall Filter
   ~Routing
   ~Bandwith Management (Queue)
• Pemahaman mengenai type traffic menjadi
penting untuk bisa mengimplementasikan
mangle.


F. Hasil yg di dapat
Mengerti tentang bandwidh manager

G. Temuan permasalahan
Belum ada

H. Kesimpulan yg di dapat
Bandwiddh adalah rentang frekuensi yang dibutuhkan untuk melewati sinyal tertentu yang telah dimodulasi untuk membawa data tanpa distorsi atau kehilangan data

I. Referensi

  • Ebook mikrotik MTCNA


Sekian dari saya kurang lebihnya saya minta maaf, dan semoga blog ini bermanfaat
Wassalamualaikum Wr.Wb

Selasa, 29 Agustus 2017

Setting Konfigurasi Router RB941 Menjadi Switch

Assalamualaikum Wr.Wb
A. Judul / nama kegiatan: Setting Konfigurasi Router RB941 Menjadi Switch

B. Pendahuluan
 Perngertian
Switch adalah alat yang digunakan untuk mengirimkan paket data langsung ke komputer tujuan, tidak ke seluhuh port yang ada

 Latar belakang
Membuat router menjadi switch

 Maksud dan tujuan
Mengimlementasikan routerboard mikrotik menjadi switch

Hasil yg di harapkan
Dapat melakukan setting konfigurasi mikrotk menjadi switch dan memahami implementasinya

C. Alat dan bahan
1 Routerboard mikrotik
1 Laptop untuk setting
1 Laptop client
2 Kabel UTP (type straight)
1 Kabel koneksi internet

D. Jangka waktu pelaksanaan kegiatan
30 Menit

E. Proses tahapan pekerjaan
1. Buka winbox, masuk Intervace
Catatan: Berikan IP terlebih dahulu pada setiap ethernet

2. Double klik pada ether 3
    -ARP: enable
    -Master port: ether 1
Apply, ok

3. Lakukan hal yang sama pada ether 4

4. Klik Firewall add (icon +) Filter rules ubah,
    -Chain: input
    -Protocol: icmp

 5. Ubah juga pada action, action accept>> apply>> ok

6. Tambahkan lagi Filter rules
    -chain: input
    -connection statik: klik kotak established
appy, ok

7. tambah Filter rules
    -chain: input
    -connection statik: related
apply, ok

8. Tambah Filter rules
    -chain: input
    -In interface: ether 2

9. Ubah juga di action, action: drop , appy, ok

10. Gambah dibawah merupakan  hasil dari konfigurasi yang berhasil.

11. Terakhir test ping google.com atau ping 8.8.8.8  pada terminal laptop client

F. Hasil yg di dapat
Dapat mengkonfigurasi router menjadi switch

G. Temuan permasalahan
Pada langkahke 2 master portnya saya beri ethernet 2

H. Kesimpulan yg di dapat
Router dapat kita gunakan sebagai switch

I. Referensi

Sekian dari saya kurang lebihnya saya minta maaf
Wassalamualaikum Wr.Wb

Senin, 28 Agustus 2017

Sharing Bersama Mbah Suro Tentang DE (Desktop Environment)


Assalamualaikum Wr.Wb
A. Judul / nama kegiatan: Sharing Tentang Desktop Environment

B. Pendahuluan
 Perngertian
lingkungan desktop ( DE ) adalah implementasi metafora desktop yang dibuat dari kumpulan program yang berjalan di atas sistem operasi komputer, yang memiliki antarmuka pengguna grafis umum (GUI), terkadang digambarkan sebagai shell grafis . Lingkungan desktop terlihat kebanyakan di komputer pribadi sampai munculnya komputasi mobile. GUI Desktop membantu pengguna untuk mengakses dan mengedit file dengan mudah, sementara mereka biasanya tidak menyediakan akses ke semua fitur yang terdapat pada sistem operasi yang mendasarinya. Sebagai gantinya, antarmuka baris perintah tradisional (CLI) masih digunakan saat kontrol penuh atas sistem operasi diperlukan.

 Latar belakang
Memperdalam ilmu tentang Desktop Enviroment

 Maksud dan tujuan
Mempelajari tentang Desktop Environment

Hasil yg di harapkan
Kita harus tahu tentang dasar-dasar dari PC/laptop yang kita gunakan agar kita bisa menangani


C. Alat dan bahan
Laptop/buku untuk mencatat
Referensi

D. Jangka waktu pelaksanaan kegiatan
13.00 sampai selesai

E. Proses tahapan pekerjaan
Sejarah
Lingkungan desktop pertama diciptakan oleh Xerox dan dijual dengan Xerox Alto pada tahun 1970an. Alto pada umumnya dianggap oleh Xerox sebagai komputer kantor pribadi; Ini gagal di pasar karena pemasaran yang buruk dan label harga yang sangat tinggi. Dengan Lisa , Apple memperkenalkan lingkungan desktop pada komputer pribadi yang terjangkau, yang juga gagal dipasarkan.

Metafora desktop dipopulerkan pada komputer pribadi komersial oleh Macintosh asli dari Apple pada tahun 1984, dan dipopulerkan lebih jauh oleh Windows dari Microsoft sejak tahun 1990an. Pada tahun 2014 , lingkungan desktop yang paling populer adalah keturunan dari lingkungan awal ini, termasuk lingkungan Aero yang digunakan pada Windows Vista dan Windows 7 , dan lingkungan Aqua yang digunakan di macos . Bila dibandingkan dengan lingkungan desktop berbasis X yang tersedia untuk sistem operasi mirip-Unix seperti Linux dan FreeBSD , lingkungan desktop proprietary yang disertakan dengan Windows dan macOS memiliki layout dan fitur statis yang relatif tetap, dengan desain "seamless" yang sangat terintegrasi yang bertujuan untuk menyediakan Sebagian besar pengalaman pelanggan yang konsisten di seluruh instalasi.

Sedikit contoh desktop environment
1. UNITY
Unity adalah shell grafis untuk lingkungan desktop GNOME yang awalnya dikembangkan oleh Canonical Ltd. untuk sistem operasi Ubuntu -nya. Kesatuan debutnya di edisi netbook Ubuntu 10.10 . Ini pada awalnya dirancang untuk memanfaatkan ruang dengan lebih efisien mengingat ukuran layar netbook yang terbatas, termasuk, misalnya, pengalih aplikasi vertikal yang disebut peluncur , dan bilah menu utama serbaguna yang luar ruang hemat ruang.
Lebih lenhkapnya sialhkan baca disini https://en.wikipedia.org/wiki/Unity_(user_interface)

2. MATE
MATE ( / m ɑː t eɪ / ; Pengucapan bahasa Spanyol: [mate] ) adalah lingkungan desktop yang bercabang dari basis kode GNOME 2 yang sekarang tidak dipelihara.

GNOME 3 , yang dirilis pada bulan April 2011, menggantikan metafora desktop klasik, menggantinya dengan antarmuka pengguna aslinya: GNOME Shell . Tindakan ini menyebabkan beberapa kritik dari bagian komunitas perangkat lunak bebas . Beberapa pengguna menolak untuk menerima desain antarmuka GNOME yang baru dan meminta pengembangan GNOME yang terus berlanjut 2. Pengguna Argentina Arch Linux memulai proyek MATE untuk memenuhi permintaan ini dan mengumumkan ketersediaan MATE pada tanggal 18 Juni 2011.
Lebih lengkapnya silahkan baca disini https://en.wikipedia.org/wiki/MATE_(software)

3. CINNAMON
Cinnamon adalah lingkungan desktop berbasis GNOME 3 . Dimulai pada tahun 2011. Cinnamon awalnya dimulai sebagai garpu GNOME Shell , yang awalnya merupakan cangklas grafis perangkat lunak GNOME, namun menjadi lingkungan desktopnya sendiri di Cinnamon 2.0. Cinnamon dikembangkan oleh distribusi Linux Mint , dengan adopsi yang lebih luas menyebar ke distribusi Linux lainnya dari waktu ke waktu.
Lebih lengkapnya silahkan baca di sini https://en.wikipedia.org/wiki/Cinnamon_(software)

4. GNOME
GNOME Shell adalah shell grafis dari lingkungan desktop GNOME yang dimulai dengan versi 3, yang dirilis pada tanggal 6 April 2011. Ini menyediakan fungsi dasar seperti meluncurkan aplikasi, beralih di antara jendela dan juga merupakan mesin widget . GNOME Shell mengganti Panel GNOME dan beberapa komponen pendukung di GNOME 2.
Lebih lengkapnya silahkan baca di sini https://en.wikipedia.org/wiki/GNOME_Shell

5. KDE
KDE adalah komunitas perangkat lunak bebas internasional yang mengembangkan perangkat lunak Gratis dan Gratis. Produk yang terkenal meliputi Desktop Plasma , Kerangka KDE dan berbagai aplikasi cross-platform yang dirancang untuk berjalan pada sistem Unix-like dan Microsoft Windows yang modern. Selanjutnya menyediakan alat dan dokumentasi untuk pengembang yang memungkinkan mereka menulis perangkat lunak. Peran pendukung ini membuat KDE menjadi pusat pengembangan dan rumah bagi banyak aplikasi dan proyek populer seperti Calligra Suite , Krita atau digiKam .
Lebih lengkapnya silahkan baca di sini https://en.wikipedia.org/wiki/KDE#Plasma_Workspaces

Bagi kalian pengguna open source, dapat merubah destop tersebut dan menjadikannya sebagai distro turunan baru.

F. Hasil yg di dapat
Kita tahu bahwa ada banyak sekali desktop-desktop pada sistem operasi.

G. Temuan permasalahan
Awalnya saya tidak tahu apa itu Desktop Environment?. Setelah sharing dengan mbah suro dan membaca referensi-referensi saya akhirnya faham

H. Kesimpulan yg di dapat
Seringlah membaca meskipun itu hal-hal yang sepele, hal sepele saja jika dipelajari mendetail ternyata sangatlah bermanfaat.

I. Referensi



Sekian dari saya kurang lebihnya saya minta maaf, dan semoga blog ini bermanfaat
Wassalamualaikum Wr.Wb