Networking

Wellcome to Uchi Blog's

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Senin, 03 Juli 2017

Apa itu SOP (Standard Operating Procedures)


Assalamualaikum Wr.Wb
A. Judul / nama kegiatan: apa itu SOP

B. Pendahuluan
 Perngertian
Prosedur operasi standar, atau SOP, adalah serangkaian instruksi langkah-demi-langkah yang disusun oleh sebuah organisasi untuk membantu pekerja melakukan operasi rutin.

 Latar belakang
Menciptakan pekerja yang mengerti langkah langkah suatu bekerja sesuai ketentuan yang ada

 Maksud dan tujuan
Mengerti SOP

 Hasil yg di harapkan
Dapat berfikir kritis dan memahami SOP

C. Alat dan bahan
Laptop
Koneksi Internet

D. Jangka waktu pelaksanaan kegiatan
09:23 sampai selesai


E. Proses tahapan pekerjaan

➣Standart Operating Prosedur (SOP) memiliki tujuan sebagai berikut:
1. Memberikan pedoman, petunjuk, arahan secara umum dan khusus kepada sebuah lembaga, instansi atau perusahaan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.
2. Menciptakan tekad yang kuat dan semangat kerja yang tinggi. Dengan adanya sebuah Standart Operating Prosedur (SOP) yang baik, maka setiap pegawai atau karyawan yang bekerja di perusahaan atau instansi akan memiliki kemauan yang kuat dalam menyelesaikan tugas – tugasnya.
3. Memperkecil kemungkinan perusahaan atau instansi mengalami SOP disusun supaya instansi atau perusahaan dapat terhindar dari kegagalan dan kebangkrutan.

➣Fungsi SOP:
-Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
-Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
-Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak.
-Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dalam bekerja.
-Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.

➣Prinsip-prinsip SOP
Dalam PERMENPAN PER/21/M-PAN/11/2008 disebutkan bahwa penyusunan SOP harus memenuhi prinsip-prinsip antara lain: kemudahan dan kejelasan, efisiensi dan efektivitas, keselarasan, keterukuran, dimanis, berorientasi pada pengguna, kepatuhan hukum, dan kepastian hukum.

-Konsisten. SOP harus dilaksanakan secara konsisten dari waktu ke waktu, oleh siapapun, dan dalam kondisi apapun oleh seluruh jajaran organisasi pemerintahan.
-Komitmen. SOP harus dilaksanakan dengan komitmen penuh dari seluruh jajaran organisasi, dari level yang paling rendah dan tertinggi.
-Perbaikan berkelanjutan. Pelaksanaan SOP harus terbuka terhadap penyempurnaan-penyempurnaan untuk memperoleh prosedur yang benar-benar efisien dan efektif.
-Mengikat. SOP harus mengikat pelaksana dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan prosedur standar yang telah ditetapkan.
-Seluruh unsur memiliki peran penting. Seluruh pegawai peran-peran tertentu dalam setiap prosedur yang distandarkan. Jika pegawai tertentu tidak melaksanakan perannya dengan baik, maka akan mengganggu keseluruhan proses, yang akhirnya juga berdampak pada proses penyelenggaraan pemerintahan.
-Terdokumentasi dengan baik. Seluruh prosedur yang telah distandarkan harus didokumentasikan dengan baik, sehingga dapat selalu dijadikan referensi bagi setiap mereka yang memerlukan.



F. Hasil yg di dapat
Dengan adanya SOP pekerja dapat mengerti standar-standar pekerjaan

G. Temuan permasalahan
Belum ada

H. Kesimpulan yg di dapat
 SOP bertujuan untuk mencapai efisiensi, keluaran kualitas dan keseragaman kinerja, sekaligus mengurangi miskomunikasi dan kegagalan mematuhi peraturan industri.

I. Referensi
Sekian dari saya kurang lebihnya saya minta maaf
Wassalamualaikum Wr.Wb