Networking

Wellcome to Uchi Blog's

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Sabtu, 05 Agustus 2017

mengenal tentang GNU, GPL dan Copyleft

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Hello guys di blik ini akan membahas tentang Opensource GNU, GPL dan Copyleft, langsung saja kita bahas.

A. Pengertian

Open Source


   Perangkat lunak open-source (OSS) adalah perangkat lunak komputer dengan kode sumbernya tersedia dengan lisensi di mana pemegang hak cipta memberikan hak untuk belajar, mengubah, dan mendistribusikan perangkat lunak tersebut kepada siapapun dan untuk tujuan apapun. Perangkat lunak open source dapat dikembangkan secara kolaboratif. Menurut para ilmuwan yang mempelajarinya, perangkat lunak open-source adalah contoh kolaborasi terbuka yang menonjol.

Pengembangan perangkat lunak sumber terbuka, atau pengembangan kolaboratif dari beberapa sumber independen, menghasilkan lingkup perspektif desain yang semakin beragam daripada perusahaan mana pun yang mampu mengembangkan dan mempertahankan jangka panjang. Sebuah laporan tahun 2008 oleh Standish Group menyatakan bahwa adopsi model perangkat lunak open source telah menghasilkan penghematan sekitar $ 60 miliar (£ 48 miliar) per tahun kepada konsumen.


GNU

Nama "GNU" adalah akronim rekursif untuk "GNU's Not Unix!"; Diucapkan sebagai satu suku kata dengan huruf g yang keras. GNU diluncurkan oleh Richard Stallman (rms) pada tahun 1983, sebagai sistem operasi yang akan disatukan oleh orang-orang yang bekerja sama untuk kebebasan semua pengguna perangkat lunak untuk mengendalikan komputasi mereka. Rms tetap menjadi Kepala GNUisance hari ini.

Tujuan utama dan tujuan GNU adalah menawarkan sistem yang kompatibel dengan Unix yang akan menjadi perangkat lunak bebas 100%. Tidak 95% gratis, tidak 99,5%, tapi 100%. Nama sistem, GNU, adalah akronim rekursif yang berarti GNU's Not Unix-cara memberi penghormatan kepada ide-ide teknis Unix, sementara pada saat yang sama mengatakan bahwa GNU adalah sesuatu yang berbeda. Secara teknis, GNU seperti Unix. Tapi tidak seperti Unix, GNU memberikan kebebasan penggunanya.

Distribusi sistem yang benar-benar bebas ("distro") yang memenuhi tujuan ini tersedia saat ini, banyak yang menggunakan kernel Linux-libre (hubungan antara GNU dan kernel Linux dijelaskan lebih lengkap di tempat lain). Paket GNU telah dirancang untuk bekerja sama sehingga kami dapat memiliki sistem GNU yang berfungsi. Ternyata mereka juga berfungsi sebagai "upstream" umum untuk banyak distro, jadi kontribusi terhadap paket GNU membantu komunitas perangkat lunak bebas secara keseluruhan. Wajar, bekerja pada GNU sedang berlangsung, dengan tujuan menciptakan sistem yang memberikan kebebasan terbesar bagi pengguna komputer. Paket GNU mencakup aplikasi, utilitas, alat, perpustakaan, bahkan permainan yang user-oriented, semua program yang dapat ditawarkan oleh sistem operasi kepada penggunanya. Paket baru dipersilakan

Ribuan orang telah bergabung untuk membuat GNU sukses seperti sekarang ini, dan ada banyak cara untuk berkontribusi, baik teknis maupun non teknis. Pengembang GNU berkumpul dari waktu ke waktu dalam Rapat Hacker GNU, kadang-kadang sebagai bagian dari konferensi LibrePlanet perangkat lunak bebas yang lebih besar.

GNU telah didukung dengan beberapa cara oleh Free Software Foundation, organisasi nirlaba juga didirikan oleh rms untuk mengadvokasi cita-cita perangkat lunak bebas. Antara lain, FSF menerima penugasan hak cipta dan penafian, sehingga dapat bertindak di pengadilan atas nama program GNU. (Untuk menjadi jelas, menyumbangkan sebuah program ke GNU tidak memerlukan pemindahan hak cipta ke FSF. Jika Anda menetapkan hak cipta, FSF akan memberlakukan GPL untuk program tersebut jika seseorang melanggarnya; jika Anda menyimpan hak cipta, penegakan hukum akan sampai pada kamu.)

Tujuan utamanya adalah menyediakan perangkat lunak bebas untuk melakukan semua pekerjaan yang ingin dilakukan pengguna komputer-dan dengan demikian membuat perangkat lunak berpemilik menjadi milik masa lalu.

GPL

   GPL (General Public Licence) adalah GPL ditulis oleh Richard Stallman pada tahun 1989, untuk digunakan dengan program yang dirilis sebagai bagian dari proyek GNU. GPL asli didasarkan pada penyatuan lisensi sejenis yang digunakan untuk versi awal GNU Emacs (1985), GNU Debugger dan GNU C Compiler.

   Lisensi ini berisi ketentuan yang serupa dengan GPL modern, namun spesifik untuk setiap program, membuatnya tidak sesuai, walaupun memiliki lisensi yang sama. Tujuan Stallman adalah menghasilkan satu lisensi yang bisa digunakan untuk proyek apapun, sehingga memungkinkan banyak proyek untuk berbagi kode.

Versi kedua dari lisensi, versi 2, dirilis pada tahun 1991. Selama 15 tahun berikutnya, anggota komunitas perangkat lunak bebas menjadi prihatin atas masalah dalam lisensi GPLv2 yang memungkinkan seseorang mengeksploitasi perangkat lunak berlisensi GPL dengan cara yang bertentangan dengan lisensi Niat. Masalah ini termasuk tivoization (masuknya perangkat lunak berlisensi GPL di perangkat keras yang menolak menjalankan versi modifikasi dari perangkat lunaknya), masalah kompatibilitas yang serupa dengan lisensi umum umum Affero - dan kesepakatan paten antara Microsoft dan distributor perangkat lunak sumber terbuka dan bebas , Yang sebagian dipandang sebagai upaya untuk menggunakan hak paten sebagai senjata melawan komunitas perangkat lunak bebas. Versi 3 dikembangkan untuk mencoba mengatasi masalah ini dan secara resmi diluncurkan pada tanggal 29 Juni 2007.

Copyleft

Copyleft (permainan kata cipta) adalah praktik untuk menawarkan hak kepada orang untuk membagikan salinan dan versi modifikasi karya dengan bebas dengan ketentuan bahwa hak yang sama dipelihara dalam karya turunan. Lisensi perangkat lunak Copyleft dianggap protektif atau timbal balik, berbeda dengan lisensi perangkat lunak gratis yang permisif.

Copyleft adalah bentuk perizinan, dan dapat digunakan untuk menjaga kondisi hak cipta untuk pekerjaan mulai dari perangkat lunak komputer, dokumen, hingga seni, hingga penemuan ilmiah dan instrumen dalam kedokteran. Secara umum, hukum hak cipta digunakan oleh penulis untuk melarang penerima mereproduksi, mengadaptasi, atau mendistribusikan salinan karya mereka. Sebaliknya, di bawah copyleft, seorang penulis dapat memberi setiap orang yang menerima salinan izin kerja untuk mereproduksi, menyesuaikan, atau mendistribusikannya, dengan persyaratan yang menyertainya bahwa setiap salinan atau adaptasi yang dihasilkan juga terikat oleh perjanjian lisensi yang sama.

Lisensi copyleft untuk perangkat lunak memerlukan informasi yang diperlukan untuk mereproduksi dan memodifikasi pekerjaan harus tersedia bagi penerima binari. File kode sumber biasanya berisi salinan persyaratan lisensi dan mengakui penulisnya.

Lisensi tipe Copyleft adalah penggunaan undang-undang hak cipta yang baru untuk memastikan sebuah karya tetap tersedia secara bebas. GNU General Public License (GPL), yang aslinya ditulis oleh Richard Stallman, adalah lisensi copyleft perangkat lunak pertama untuk melihat penggunaan yang ekstensif, dan terus mendominasi di wilayah itu. Creative Commons, sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh Lawrence Lessig, memberikan persyaratan pemberian lisensi serupa yang disebut sama.



Referensi
Sekian dari blog saya kurang lebihnya saya minta maaf 
Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Jumat, 04 Agustus 2017

Install GNS3 di Linux



A. Judul/ nama kegiatan: Install GNS3 di linux

B. Pendahuluan
Pengertian 
GNS3 adalah perangkat lunak sumber terbuka yang digunakan oleh insinyur jaringan untuk mensimulasikan, menguji dan memecahkan masalah lingkungan jaringan virtual maupun nyata. Ini memungkinkan Anda menjalankan topologi jaringan kecil yang terdiri dari perangkat jaringan seperti laptop, desktop, server, switch, router, dll.

Fitur GNS3

  1. Bisa dijadikan bukti demonstrasi konsep atau klien untuk keperluan komersial
  2. Platform yang bagus untuk belajar dan mengajar lingkungan jaringan
  3. Dengan penggunaan lab virtual, Anda bisa menguji interoperabilitas multi vendor
  4. Baik untuk simulasi jaringan real-time untuk pengujian pra-penyebaran
  5. Cepat menjalankan dan menguji beberapa perangkat keras tanpa memerlukan perangkat keras fisik
  6. Untuk tujuan pelatihan sertifikasi jaringan, Anda dapat menyesuaikan topologi dan laboratorium di dalam GNS3
  7. Anda dapat menghubungkan GNS3 ke lingkungan jaringan yang sebenarnya

Latar belakang 
GNS3 merupakan salah satu simulator terbaik bagi mereka yang sedang mempersiapkan ujian seperti Cisco CCNA, CCNP, CCIE, Juniper JNCIA, JNCIS dan JNCIE. Jika Anda seorang pelajar, dan tidak mampu untuk membeli router dan switch yang sebenarnya untuk menguji perintah, GNS3 adalah suaka Anda. Dengan menggunakan GNS3, Anda dapat dengan mudah mensimulasikan dan menggunakan berbagai jenis switch jaringan virtual dan router terlepas dari sistem operasi yang Anda gunakan.

Maksud dan tujuan
Mengimplementasikan GNS3

Hasil yang diharapkan
Keberhasilan menginstall GNS3 di Linux

C. Alat dan bahan
Laptop
Koneksi internet
Shell linux

D. Jangka waktu pelaksanaan
10 menit 

E. Proses tahapan pengerjaan
1. Masuk ke shell linux sebagai super user. Ketikkan #sudo add-apt repository ppa:gns3/ppa Klik "Enter" untuk melanjutkan, klik "Ctrl+c" untuk membatalkan install, saya pilih Enter

 2. Lakukan Update. #sudo apt-get update

3. Install GNS3 berbasis GUInya. #apt-get install gns3-gui

4. Jika muncul pertanyaan seperti gambar di bawah terserah anda memilih yes atau no
yes: dapat menjalankan gns3 tanpa super user
no: harus menggunakan super user untuk menjalankan gns3

5. Coba ketik di shell "gns3" dan tunggu beberapa saat

6. Kemudian tampilan gns3 akan muncul

F. Hasil yang didapatkan
Berhasil menginstall GNS3

G. Temuan permasalahan
Saat menginstall GUInya saya menambahkan "sudo" diawal, ternyata tidak bisa kemudian saya hilangkan "sudo" dan proses install berjalan

H. Kesimpulan yang didapatkan
melakukan simulator secara mudah dengan GNS3 

Kamis, 03 Agustus 2017

Install Moodle Untuk E-Learning Pada Localhost


Assalamualaikum Wr.Wb
A. Judul / nama kegiatan: Install Moodle

B. Pendahuluan
 Perngertian
MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.

 Latar belakang
Moodle digunakan untuk E-learning.

 Maksud dan tujuan
Melakukan installasi moodle di localhost.

 Hasil yg di harapkan
Berhasil instal moodle di local host

C. Alat dan bahan
D. Jangka waktu pelaksanaan kegiatan
30 menit

E. Proses tahapan pekerjaan
1. Download file moodle, cek #cd Downloads/

 2. Pindah data moodle ke /var/www/html/

 3. Beralih ke direktori htmlo

 4. Ekstrak file moodle tersebut

 5. Berikan hak akses pada moodle



 6. Pindah ke direktori /var/www

 7. Buat direktori. #mkdir moodledata/

 8. Cek dengan #ls

 9. Berikan hak adkses pada direktori yang di buat tadi

 10. Masuk ke phpmyadmin dan buat database baru db_moodle>> create

11. Buka di browser anda localhost/moodle/install.php
      Pilih bahasa>> next

 12. Next

13. Pilih Improved mariadb>> next
note: Pada gambar dibawah seharusnya mariadb bukan mysql. Dimohon saat melakukan langkah ini ada menggunakan mariadb.

 14. Isi Database user: root dan database password: (password phpmyadmin anda)

15. Scrool ke bawah Next

16. next

17. Isi data di bawah, Tambahan: saat membuat password pastikan  8 karakter dengan 1 simbol, 1 angka, 1 huruf kapital dan sisanya huruf normal

18. Tunggu beberapa saat lalu reload

19. Isikan full site name dan short name for site


20. Ini dia tampilan awal moodle yang berhasil diinstall



F. Hasil yg di dapat
Dapat mengistall moodle di localhost

G. Temuan permasalahan
Permasalahan yang saya temui contohnya penggunaan database menggunakan mariadb bukan mysql
mengatasinya ketik 'nano /usr/share/phpmyadmin/setup/config.php' pada shell lalu ubah cfg: mysql menjadi cfg: mariadb lalu masukkan perintah service mysql restart dan service apache2 reload

H. Kesimpulan yg di dapat
Moodle digunakan sebagai E-learning di sekolah, di les-lesan dll

I. Referensi

  • https://moodle.org/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Moodle
  • hanofa blog

Sekian dari saya apabila ada kekurangan saya minta maaf
Wassalamualaikum Wr.Wb

Rabu, 02 Agustus 2017

Installasi Paket Tracker


Assalamu'alaikum Wr.Wb

Di kesempatan kali ini saya akan mengimplementasikan Cisco Packet Tracker

A. Judul : Implementasi Cisco Packet Tracer

B. Pendahuluan
a. Pengertian
Packet Tracer adalah alat simulasi visual lintas platform yang dirancang oleh Cisco Systems yang memungkinkan pengguna membuat topologi jaringan dan meniru jaringan komputer modern. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk mensimulasikan konfigurasi router dan switch Cisco menggunakan antarmuka baris perintah yang disimulasikan. Packet Tracer memanfaatkan antarmuka pengguna drag and drop, yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan dan menghapus perangkat jaringan simulasi sesuai keinginan mereka.

b. Latar belakang
packet tracer sebagai alat simulasi

c. Maksud dan tujuan
Mengimplementasikan Cisco Packet Tracer

d. Hasil yang diharapkan
Dapat melakukan installasi packet tracer

C.  Alat dan bahan

  1. PC/Laptop
  2. ISO Cisco Packet Tracer

D. Jangka waktu pelaksanaan
20 menit

E. Proses tahapan pekerjaan
1. Install Packet Tracer pada browser anda, selesai klik kanan folder yang terdownload "Extrack here" atau

2. Anda dapat membuka installannya lewat terminal dengan perintah cd Downloads/ > ls (untuk mengecek installan anda). Paket ini memiliki Ekstensi (.tar.gz) ketikkan perintah "tar -xzvf PacketTracer70_64bit_linux.tar.gz" untuk mengekstraknya

3. buka direktori PacketTracer70 

4. Anda bisa membuka direktori di terminal dengan perintah cd PacketTracer70/.
Install dengan perintah ./install

5. Pada tahap ini tekan Enter 

6. Jangan sampai penekanan Enter melebihi 100% karena sebelum 100% akan muncul pertanyaan untuk menerima installan PacketTracer tekan "y". Billa anda melakukan installan ini tidak sebagai root maka anda diminta memasukkan password [sudo]

 7. Coba masuk ke Packet Tracer dengan mengetikkan packettracer

 8. Klik Guest Login pada pojok kanan bawah tampilan

9. Gambar dibawah merupakan tampilan Packet Tracer yang siap digunakan


F.Hasil yang didapatkan 
Dapat menginstall packet tracer di linux

G. Kesimpulan 
Kita dapat melakukan installasi packet tracer di linux dengan mudah

H. Referensi




Selasa, 01 Agustus 2017

Install Monitorix Untuk Memantau Server



Assalamualaikum Wr.Wb
A. Judul/ nama kegiatan: Install Monitorix untuk memantau server 

B. Pendahuluan
Pengertian
Monitorix adalah alat pemantau jaringan komputer yang secara berkala mengumpulkan data sistem dan menggunakan antarmuka web untuk menampilkan informasi sebagai grafik. Monitorix memungkinkan pemantauan kinerja sistem secara keseluruhan, dan dapat membantu mendeteksi kemacetan, kegagalan, waktu respons yang tidak biasa dan anomali lainnya.

Latar Belakang
Memantau kinerja server

Maksud dan tujuan
Mengimplementasikan monitorix ke server kita

Hasil yang diharapkan
Berhasil menginstall monitorix

C. Alat dan bahan
Laptop
Koneksi internet
PC Server
Shell linux
Web server (apache2)

D. Jangka waktu pelaksanaan
20 menit

E. Proses tahapan pekerjaan
1. Download ISO monitorix, download sesuai Sistem Operasi yang anda gunakan. Menu Downloads>> Klik kanan pada monitorix 3.9.0-izzy_all.deb>> Copy link adress.

2. Update terlebih dahulu, #apt-get update
    Paste/ tempelkan pada shell server anda>> enter kemudian tunggu sesaat.

3. Cek apakah sudah terinstall/ belum. Ketik ls

4. Install dependensinya
# apt-get install rrdtool perl libwww-perl libmailtools-perl libmime-lite-perl librrds-perl
libdbi-perl libxml-simple-perl libhttp-server-simple-perl libconfig-general-perl

libio-socket-ssl-perl

5. Setelah itu masukkan perintah seperti gambar dibawah
#dpkg -i monitorix_3.6.0-izzy1.deb

6. Jika muncul error ketikkan perintah seperti gambar dibawah
    #apt-get -f install

7. Buka browser dan masukkan ke url (ip server):8080/monitorix lalu muncul seperti gamar dibawah, klik saja ok




F. Hasil yang didapatkan
Keberhasilan dalam menginstall monitorix

G. Temuan permasalahan
Tidak dapat menginstall beberapa paket dependensi, kemudian saya mengatasinya dengan menghapus dependansi yang tidak dapat diinstal dan menjalankan dependensi yang bisa tadi.

H. Kesimpulan yang didapat
Kita dapat meremote monitorix untuk memantau kinerja server kita, apakah bekerja dengan baik atau tidak

I. Referensi

Sekian dari saya kurang lebihnya saya minta maaf
Wassalamualaikum Wr.Wb



Senin, 31 Juli 2017

Perbandingan Emulator dan Simulator


Assalamualaikum Wr.Wb
A. Judul/ nama kegiatan: Perbandingan Emulator dan Simulator

B. Pendahuluan
Pengertian
Dalam komputasi , emulator adalah perangkat keras atau perangkat lunak yang memungkinkan satu sistem komputer (disebut host ) berperilaku seperti sistem komputer lain (disebut tamu ). Emulator biasanya memungkinkan sistem host menjalankan perangkat lunak atau menggunakan perangkat periferal yang dirancang untuk sistem tamu. 

Simulasi adalah tiruan dari pengoperasian proses atau sistem dunia nyata dari waktu ke waktu .Tindakan mensimulasikan sesuatu yang pertama mengharuskan sebuah model dikembangkan; Model ini mewakili karakteristik utama, perilaku dan fungsi sistem atau proses fisik atau abstrak yang dipilih. Model mewakili sistem itu sendiri, sedangkan 

Latar belakang 
Membedakan emulator dengan simulator

Maksud dan tujuan
Menambah wawasan tentang simulator dan emulator

Hasil yang diharapkan
Dapat faham tentang emulator dan simulator

C. Alat dan bahan
Laptop
Koneksi internet
Referensi

D. Jangka waktu pelaksanaan
2 jam

E. Proses tahapan pengerjaan
➣Emulator
Menfaat Emulator
  1. Kualitas grafis yang berpotensi lebih baik dari pada perangkat keras asli.
  2. Fitur potensial yang dimiliki perangkat keras asli tidak ada.
  3. Emulator mempertahankan tampilan, nuansa, dan perilaku asli dari benda-benda digital, yang sama pentingnya dengan data digital itu sendiri. 
  4. Meskipun memiliki biaya pengembangan emulator yang asli, ini mungkin merupakan solusi biaya yang lebih efisien dari waktu ke waktu.
  5. Mengurangi jam kerja , karena alih-alih meneruskan tugas berkelanjutan migrasi data terus-menerus untuk setiap objek digital, begitu perpustakaan sistem operasi dan perangkat lunak aplikasi masa lalu dan sekarang didirikan di emulator, teknologi yang sama digunakan untuk setiap dokumen yang menggunakan platform tersebut.
  6. Banyak emulator telah dikembangkan dan dilepaskan di bawah GNU General Public License melalui lingkungan open source , memungkinkan kolaborasi berskala luas. 
  7. Emulator mengizinkan perangkat lunak eksklusif untuk satu sistem untuk digunakan pada perangkat lain. Misalnya, permainan video eksklusif PlayStation 2 bisa dimainkan di PC menggunakan emulator. Ini sangat berguna bila sistem aslinya sulit didapat, atau tidak kompatibel dengan peralatan modern (misalnya konsol video game tua yang terhubung melalui keluaran analog mungkin tidak dapat terhubung ke TV modern yang mungkin hanya memiliki input digital).
Struktur
Biasanya, emulator dibagi menjadi modul yang sesuai secara kasar dengan subsistem komputer yang ditiru. Paling sering, emulator akan terdiri dari modul berikut:
  1. sebuah emulator CPU atau simulator CPU (dua istilah sebagian besar dapat dipertukarkan dalam kasus ini), kecuali jika target yang ditiru memiliki arsitektur CPU yang sama dengan host, dalam hal ini lapisan mesin virtual dapat digunakan sebagai gantinya.
  2. modul subsistem memori
  3. berbagai emulator perangkat input / output (I / O)
➣Simulator
Simulator adalah program yang berjalan pada sistem pengembangan (misalnya PC) dan meniru arsitektur prosesor target.Sebagai contoh sebuah simulator akan berisi 8.051 simulasi register, RAM dan lain hal baru di layar PC Anda.Anda dapat menjalankan program dalam simulator ini dan memverifikasi fungsionalitas.Anda dapat satu langkah program Anda, menjalankannya upto alamat tertentu, tambahkan breakpoints dll.

Beberapa simulator yang kecil jendela terpisah yang dapat digunakan untuk mensimulasikan port serial juga.Beberapa dapat mensimulasikan LCD, LED, keypad, dll ADCs Perlu diketahui bahwa biasanya tidak mungkin untuk debug waktu tergantung bug menggunakan simulator simulator karena tidak menjalankan program dengan kecepatan penuh, kecepatan yang akan Anda jalankan 8.051 

F. Hasil yang didapatkan
Kita jadi mengerti perbedaan emulator dengan simulator

G. Temuan permasalahan
Saya belum menemukan permasalahan

H. Kesimpulan yang didapatkan
Emulasi mengacu pada kemampuan program komputer dalam perangkat elektronik untuk menandingi (atau meniru) program atau perangkat lain.
Simulasi merupakan operasi sistem dari waktu ke waktu.

I. Referensi

Sekian dari saya kurang lebihnya saya minta maaf
Wassalamualaikum Wr.Wb